26 June 2008

Globalisasi, Mau Diterima atau Ditolak Ya?

Oleh: Sri Rezeqi Dwi Handayani [1]



Kemajuan teknologi di jaman modern ini ternyata membawa dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat, terutama anak-anak muda yang sangat mudah menerima arus globalisasi yang mengalir sangat deras ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Ada dampak positif dari globalisasi namun tidak sedikit dampak negatifnya, jika kita tidak pintar-pintar dalam menyaringnya.


Dampak positif dari globalisasi sangat terlihat dari kemajuan teknologi yang semakin hari semakin maju. Alat-alat rumah tangga kini sudah dikerjakan dengan mesin, masuknya internet mempermudah kita mengakses informasi apapun yang kita inginkan bahkan sekarang pabrik-pabrik sudah tidak membutuhkan tenaga manusia lagi karena semua sudah dikerjakan oleh mesin-mesin atau robot. Sungguh luar biasa pengaruh globalisasi bagi manusia.


Itu mungkin beberapa dampak positif dari globalisasi yang kita rasakan sekarang, tapi dampak negatifnya pun cukup banyak dan sangat meresahkan, diantaranya; akibat digantinya tenaga manusia ke mesin atau robot, mengakibatkan banyak pekerja-pekerja pabrik yang di PHK. Dampak dari situasi seperti itu adalah banyaknya pengangguran sehingga mengakibatkan tingginya angka pengangguran di Indonesia. Dari sisi teknologi informatika terutama masuknya internet ternyata dampaknya sangat luar biasa bagi anak-anak dan remaja. Mudahnya masuk dalam jaringan internet membuat banyak orang menyalahgunakan fungsi internet yang sebenarnya.


Di internet sangat mudah kita dapatkan informasi apapun, bahkan situs-situs porno sangat mudah diaksesnya. Akibatnya internet yang awalnya diharapkan menjadi sumber informasi yang mudah dan positif bagi kita semua terutama anak-anak dan remaja, sekarang beralih fungsi meskipun masih tetap menjadi sumber informasi yang paling mudah.


Untuk itu, bagi kita yang sadar bahwa arus globalisasi itu tidak harus dimakan mentah-mentah tetapi harus di saring dahulu sebelum di konsumsi, harusnya mampu memberikan penyadaran pada masyarakat yang belum sadar tentang fungsi teknologi terutama internet yang sebenarnya.


Bagi orang tua berhati-hatilah dengan pergaulan anak-anak anda. Memberikan fasilitas kepada anak-anak dengan tujuan agar mereka lebih kreatif dan cerdas bukan berarti membiarkan mereka melakukan apapun tanpa dibimbing dan diawasi. Beri pengertian pada anak-anak anda bahwa tidak semua situs di internet dapat diakses, mereka harus memilih mana yang penting dan mendukung untuk sekolahnya atau tidak. Situs-situs yang tidak penting lebih baik tidak diakses.


Jangan pernah takut menerima perkembangan zaman, jangan pobia terhadap globalisasi. Biarkan semua arus itu masuk namun yang harus kita ingat, pasang saring yang kuat agar dampak negatif yang masuk bisa ditekan dan diminimalisir, sehingga dampak negatif globalisasi tidak dengan mudahnya mempengaruhi kita.


Mau dibilang modern bukan berarti kita jadi orang bodoh yang dengan mudahnya menelan mentah-mentah semua makanan yang layak dan yang tidak layak untuk dimakan.


Banjarnegara, 28 Desember 2007

Pukul.18.30 WIB


[1] Penulis adalah orang yang sangat istimewa dan berpengaruh dalam kehidupanku. Thanks Dok...

No comments: